Subscribe:

Ads 468x60px

5 Mar 2012

Percikan Api pada Pendaratan Silk Air di Solo

Pesawat milik maskapai penerbangan Silk Air dari Singapura mendarat dalam kondisi tidak normal di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Selasa (6/3/2012). Saat mendarat diketahui ada kepulan asap dan percikan api. Tidak ada laporan adanya korban dalam insiden tersebut.


Otoritas Bandara setempat membenarkan adanya kecelakaan ringan tersebut. General Manajer Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, menegaskan bahwa saat mendarat, petugas di menara melihat ada kepulan asap pada pesawat jurusan Singapura - Solo tersebut.


Sementara itu, petugas di lapangan menambahkan bahwa selain melihat ada kepulan asap, juga terjadi percikan api dari roda pesawat ketika menyentuh landasan bandara.

Petugas kemudian segera mengambil inisiatif cepat setelah melihat kejadian tersebut. Pesawat segera dihentikan di lokasi taxi bravo, yaitua antara jalur runaway dan apron. Selanjutnya langsung dikeluarkan escape sleep atau tangga darurat untuk menurunkan penumpang dan segera dikerahkan mobil pemadam kebakaran.

"Seluruh penumpang aman dan turun dengan selamat. Setelah semua penumpang turun, segera dilakukan pengecekan oleh tim mekanik. Saat ini tim masih meneliti memastikan penyebab pasti terjadinya kepulan asap tersebut," ujar Airport Duty Manager Bandara Adi Soemarmo, Saiful Makuta.